Cara Membuat Aloo Paratha Yang Enak

Paratha adalah salah satu makanan pokok masakan Punjabi dan orang-orang Punjab tidak bisa hidup tanpanya. Idealnya dianggap sebagai bagian dari sarapan, paratha adalah sesuatu yang bisa dinikmati orang Punjabi sepanjang hari dan tidak bosan makan. Alasan mengapa parathas dinikmati sebagai sarapan adalah, mereka sebelumnya dibuat dengan ghee dan dinikmati dengan segelas penuh chaach atau lassi, memberikan energi kepada para pria rumah untuk bekerja sepanjang hari di ladang.

Paratha umumnya diisi dan Anda dapat menggunakan sayuran apa pun untuk isian per se dan tidak ada kelangkaan sayuran untuk membuat paratha. Berikut adalah resep untuk salah satu paratha populer – Aloo Paratha, di mana bahan utamanya adalah aloo atau kentang. Ini adalah resep paratha sederhana dan mudah dibuat yang dapat dibuat dalam jangka waktu setengah jam. Para ibu Punjabi suka memberi makan anak-anak mereka dan membuat paratha dengan banyak ghee, yang selanjutnya dinikmati dengan mentega putih (dikenal sebagai safir makkhan) atau dadih kental. Saat ini, orang juga suka memiliki aloo paratha dengan acar dari berbagai jenis dan dal / sabji.

Flatbread boneka ini juga populer di luar India dan dibuat menggunakan rempah-rempah yang berbeda. Ini adalah salah satu paratha dasar yang bisa Anda masak dengan mudah di rumah ketika tidak ada yang mengejutkan Anda. Yang Anda butuhkan untuk menyiapkan resep mudah ini adalah: Tepung terigu, kentang rebus, cabai hijau, daun ketumbar, bubuk cabai merah, lada hitam dan asafoetida bersama dengan sedikit biji karom, dan yang terakhir adalah garam masala bubuk, yang merupakan jiwa masakan Punjabi.

Resep ini menggunakan biji carom dan asafoetida, karena kentang sangat lambung dan dapat memberi efek buruk pada perut Anda. Untuk menenangkan perut, kami telah menggunakan kedua bahan ini, namun, Anda dapat memilih salah satunya. Juga, beberapa orang menggunakan bawang cincang halus dalam resep untuk sedikit renyah dan untuk meningkatkan rasa paratha ini. Kunci untuk membuat Aloo Paratha yang sempurna, enak dan lembut adalah untuk menumbuk kentang dengan baik menggunakan hidung belang atau Anda juga dapat menghidangkan kentang untuk memberikan sentuhan halus pada kentang tumbuk. Jadi, jangan menunggu lebih lama dan coba resep Aloo Paratha yang mudah ini dan nikmati dengan lassi, mentega, dadih, atau acar.

Langkah 1

Untuk menyiapkan resep paratha yang menggiurkan dan populer ini, rebus kentang dan tumbuk dalam mangkuk besar. Dalam kentang, tambahkan bawang cincang, cabai hijau, daun ketumbar, garam, bubuk garam masala, asafoetida, biji carom, chaat masala dan aduk rata sehingga tidak ada benjolan yang tersisa. Pastikan Anda telah mencacah halus bawang atau isinya akan keluar.

Langkah 2

Masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Tambahkan air secara bertahap dan uleni menjadi adonan lunak. Buat bola adonan kecil-sedang dan gulung menjadi 3 sampai 4 inci. Tambahkan sesendok kentang mengisi di tengah. Secara bertahap tekan rolling pin di semua sisi sambil membuat paratha. Berhati-hatilah untuk memberikan tekanan secara merata. Sangat penting untuk memastikan bahwa campuran kentang Anda dihaluskan dengan baik dan tidak kental atau Anda tidak akan pernah bisa membuat paratha sempurna.

Langkah 3

Tutup adonan dan bulatkan dengan jari-jari Anda. Sekarang gulung mereka dengan rolling pin ke paratha bulat. Berikan tekanan sangat merata dan lembut di semua sisi.

Langkah 4

Tekan dengan sangat ringan agar campurannya tidak keluar. Panaskan korset dan panggang paratha, masak di kedua sisi dengan sesendok mentega. Jika Anda ingin menggunakan lebih sedikit mentega pada paratha, panggang dulu di kedua sisi dengan api rendah dan ketika agak renyah, oleskan mentega dengan sikat di kedua sisi.

Langkah 5

Sajikan panas dengan yoghurt dingin atau acar. Anda juga bisa menyajikan paratha aloo dengan chutney hijau atau chutney kelapa atau saus ringan. Idealnya kentang shorba ringan paling cocok dengan aloo ka paratha. Anda juga dapat membuat cabai raita bawang-tomat-hijau cepat yang rasanya luar biasa dengan paratha ini.

Leave a Comment